Minyakita Bikin Runyem RI! Stok Langka & Harganya Kebangetan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melarang keras penjualan minyak goreng kemasan merek pemerintah, Minyakita secara online. (Tangkapan Layar Toko Online)

Di Pasar Jaya Enjo, Jakarta Timur, pada hari Rabu (26/4/2023) pagi, banyak lapak dan kios para pedagang yang tidak menjual minyak goreng kemasan sederhana merek pemerintah, Minyakita di etalase dagangannya. Para pedagang mengeluh kesulitan dalam mendapatkan stok minyak goreng kemasan tersebut.

Kalaupun ada, harga yang dijual pun sudah jauh dari harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter. Wera misalnya, salah seorang pedagang yang mengaku sudah tidak pernah mendapatkan stok https://linkalternatifkas138.store/ Minyakita lagi sejak beberapa bulan lalu.

“Gak ada, saya gak ada jual soalnya belum ada masuk lagi. Yang tertentu saja yang dikasih sama dia. Jadi pedagang tuh kalau mau nyetok Minyakita ya paling beli dari agen saja,” ujar Wera saat ditemui CNBC Indonesia di lokasi.

Adapun harga yang ditawarkan para agen pun variatif, dan rata-rata harganya sudah berada di atas HET Rp 14.000 per liter.

“Dari agen variatif sih harganya, ada yang jual Rp 170.000 ada yang Rp 175.000, pokoknya dari agennya saja sudah di atas HET. Dari agen jualnya sudah pada di tas HET. Sudah mau hampir Rp 15.000 juga di agennya, jadi di pedagang juga sudah gak bisa jual sesuai HET, (di pedagang) ada yang jual Rp 16.000 ada yang Rp 17.000 per liter,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Hendri, pedagang sembako lainnya di Pasar Enjo, “Minyakita adanya di agen doang, gak turun ke pedagang. Dari sales Minyakita-nya turun ke agen doang, gak ada sampai ke pedagang. Pokoknya ke pedagang mah gak ada sales datang, biasa alasannya gak ada barang, habis barang lah. Dari agen jualnya sudah pada di atas HET,” ucapnya.

Setelah menyusuri Pasar Enjo dan menanyakan satu per satu toko sembako yang buka di pasar tersebut, terdapat satu kios sembako yang nampak memiliki stok Minyakita sekitar 10 kardus, di mana per kardusnya berisi 12 kemasan Minyakita 1 liter.

Heri, sang pemilik kios sembako tersebut mengaku dirinya menjual Minyakita di harga Rp 16.000 per liter.

“Saya beli di orang, bukan di sales Minyakita langsung. Saya beli Rp 178.000 per kardus, berarti jadi Rp 14.800 per liter. Saya beli sudah mau Rp 15.000 jadi saya jual Rp 16.000 per liter,” ujar Heri.

“Ya memang sudah tinggi saya belinya, makanya saya jual Rp 16.000 per liter, itu pun tipis banget saya ambil untungnya,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*