200 Ribu Formasi CPNS Dibuka Khusus IKN, Tempat Tinggal Disiapkan

Jakarta – Pemerintah akan membuka seleksi CPNS dalam waktu dekat. Rencananya, akan disiapkan formasi jumbo untuk CPNS lulusan baru atau fresh graduate yang akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, berdasarkan perhitungan terakhirnya sekitar 200 ribu formasi disiapkan untuk CPNS IKN.

“Total itu ada formasi kurang lebih 200 ribuan untuk formasi ini CPNS, yang fresh graduate, untuk pemerintah pusat. Itu sebagian besar akan dialokasikan untuk IKN, itu di seluruh kementerian/lembaga (KL),” terang Anas di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

“Sehingga dalam jangka panjang karena akan diumumkan rekrutmen IKN, mereka ke depan akan otomatis jadi ASN yang akan dipersiapkan untuk IKN,” sambungnya.

Anas mengatakan, para CPNS baru ini nantinya akan masuk terlebih dulu ke pemerintahan pusat di DKI Jakarta. Seiring dengan penyiapan hunian dan infrastruktur pendukung, mereka akan dipindahkan ke IKN.

Namun Anas belum dapat memastikan kapan tepatnya para CPNS baru ini akan dipindahkan ke IKN. Pembagiannya pun akan menyesuaikan dengan kebutuhan KL yang berpindah ke IKN.

“Soal mereka pindah tahun ini, karena tempatnya sudah tersedia atau tahun depan karena tempat belum tersedia. Tinggal nunggu saja,” ujar Anas.

“Itu total 200 ribuan dari total KL. Tinggal nanti menyesuaikan tempat. Misalnya nanti ada dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, KL lain, sehingga mereka yang direkrut akan disiapkan untuk IKN,” sambungnya

Di sisi lain, Anas menjelaskan bahwa jumlah 200 ribu CPNS ini tidak termasuk dengan 3.246 ASN yang dijadwalkan pindah ke IKN mulai bulan Juli sampai November 2024. Akan didahulukan para ASN ini, barulah CPNS baru tersebut.

“Pasti pindah, 200 ribuan itu pasti pindah. Tinggal waktunya, tahun ini, tahun depan, atau yang akan datang, disesuaikan dengan tempat. Belum termasuk (3.246 ASN yang pindah tahun ini),” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*