2 Pengebom AS Dekati Perbatasan Rusia, Putin Kirim Jet Tempur

Two Sukhoi Su-27 fighters perform during celebrations of the 10th anniversary of the Russian air force base of the Collective Security Treaty Organization (CSTO) in Kant, about 20 km outside Bishkek on October 27, 2013. AFP PHOTO / VYACHESLAV OSELEDKO (Photo by VYACHESLAV OSELEDKO / AFP)

Rusia mengerahkan jet tempur Sukhoi Su-27 pada Selasa (23/5/2023) untuk “mencegah pelanggaran perbatasan negara” oleh dua pengebom strategis Angkatan Udara AS yang terbang di atas Laut Baltik.

“Setelah mengeluarkan pesawat militer asing dari perbatasan negara Rusia, pesawat tempur Rusia itu kembali ke pangkalan udaranya,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dariĀ AFP.

Tentara mencegah pelanggaran perbatasan, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa “penerbangan pesawat tempur https://rtpslot24jam.com/ Rusia dilakukan sesuai dengan aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara.”

Juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder membenarkan bahwa pesawat AS dicegat oleh Rusia, mengatakan pengebom B-1 mengambil bagian dalam “latihan yang telah lama direncanakan di Eropa.”

Adapun, kejadian ini adalah yang terbaru dari serangkaian insiden serupa dalam waktu dekat ini.

Lebih dari seminggu yang lalu, Rusia mengatakan dua pesawat, satu Jerman dan satu Prancis, dicegat saat mencoba “melanggar” wilayah udaranya.

Pertengahan April, Rusia mengirim jet tempur untuk mengawal pesawat angkatan laut Jerman di atas Laut Baltik.

Pada Maret, sebuah drone Amerika jatuh setelah bertabrakan dengan jet Rusia di Laut Hitam.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah mengerahkan jet setelah mendeteksi pesawat tak berawak AS di Laut Hitam, tetapi membantah menyebabkan drone tersebut jatuh, dengan mengatakan pesawat itu kehilangan kendali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*